Berita

Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2023 : Guru Pembelajar Bahagia Mengajar

Sabtu, 25 November 2023 09:11 WIB
  • Share this on:

Sumbawa Barat, 25 November 2023 - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Upacara terpusat untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023. Upacara dilaksanakan di MAN 1 Sumbawa Barat pada pukul 07.00 Wita.

Upacara ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik yang juga bertugas sebagai Pembina Upacara. Turut hadir Kasubbag TU, Kepala Seksi/Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah, seluruh karyawan/ti dan para Guru bersama murid-murid dari 5 Madrasah Negeri yang ada di Sumbawa Barat.

Dalam amanat Pembina Upacara, Kakankemenag KSB, H. Ahmad Taufik membacakan langsung Sambutan Menteri Agama RI pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2023. Menteri Agama menyampaikan Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar," mencerminkan potret guru yang transformatif.

"Guru pembelajar adalah guru yang senantiasa mengembangkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, maupun sosial. Guru bahagia mengajar adalah guru yang memiliki semangat dan motivasi tinggi dalam mengajar,"

Kementerian Agama, lanjut Menteri Agama, telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru.

Seusai Upacara dilaksanakan, kegiatan ini dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng dan penerbangan balon. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik didampingi oleh Kasubbag TU, Kepala Seksi/Penyelenggara, dan Kepala Madrasah. 

Tumpeng tersebut diserahkan kepada setiap Kepala Madrasah Negeri di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat. Penerbangan balon dilakukan oleh Kakankemenag KSB bersama seluruh peserta upacara.

Upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat berjalan dengan khidmat dan lancar. Kegiatan ini menjadi momentum untuk memberikan apresiasi kepada para guru atas dedikasi dan perjuangannya dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB