Berita

Tim Penilai KUA Percontohan Se-Provinsi NTB Bertandang Ke KUA Brang Rea Kab. Sumbawa Barat

Selasa, 6 Agustus 2024 12:26 WIB
  • Share this on:

Sumbawa Barat_Humas. Plt. Kakankemenag Kab. Sumbawa Barat, H. Lalu Suhaili Fathanah, didampingi Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Se-Kab. Sumbawa Barat dan segenap Staff KUA Brang Rea sambut kedatangan Tim Penilai KUA Percontohan dari Kanwil Kemenag Prov. NTB di KUA Kec. Brang Rea Kab. Sumbawa Barat dalam rangka melakukan penilaian terkait keikutsertaan KUA Kec. Brang Rea sebagai KUA Percontohan Tingkat Provinsi NTB Mewakili Kabupaten Sumbawa Barat.

Tim Penilai KUA Percontohan yang dipimpin oleh Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov. NTB, H. Azharuddin tiba di KUA Kecamatan Brang Rea Jam 13.00 Wita pada hari senin, tanggal 05 Agustus 2024 untuk melakukan penilaian secara menyeluruh terkait kelengkapan KUA Brang REA sebagai peserta. Ada 8 kriteria penilaian berdasarkan Juknis KUA Percontohan Tahun 2024.

Adapun kriteria penilaian adalah yang pertama adalah visi, misi dan motto KUA. Kedua, Standar maklumat pelayanan. Ketiga, Sistem dan mekanisme prosedur pelayanan. Keempat, kelengkapan dan kelayakan sarana dan prasarana pelayanan. kelima, SDM yang lengkap dan mumpuni. Keenam, penanganan pengaduan. Ketujuh, system dan inovasi pelayanan publik. Terakhir adalah capaian target pelayanan. Jika semua kriteria itu terpenuhi dan memperoleh nilai maksimal, maka dipastikan KUA tersebut bisa memperoleh posisi terbaik.

Plt. Kakankemenag Kab. Sumbawa Barat dalam sambutannya berharap KUA Brang Rea bisa memperoleh nilai yang bagus. Beliau berpesan untuk Kepala KUA dan semuanya harus tetap bersemangat berkompetisi. Beliau juga mohon permakluman karena keterbatasan anggaran dan mepetnya waktu. Semoga Ikhtiar kita untuk berbenah dan memberikan yang terbaik bisa ditundaklanjuti. terakhir H. Suhaili mengucapkan Selamat datang di KUA Brang Rea KSB.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag NTB selaku penanggungjawab Kompetisi Lomba KUA Percontohan mengaku puas dengan sambutan Keluarga Besar Kantor Kemenag Kab. Sumbawa Barat. Beliau kemudian membeberkan secara garis besar tentang item Penilaian KUA Percontohan 2024 :

1The Best Performa KUA baik sarana prasarana, maupun personil, kebersihan depan belakang kantor;

2The Best Attitude/akhlaq yang baik, sapa, salam, senyum terhadap setiap tamu;

3The Best Achievement (ketercapaian target atau Program) termasuk inovasi kantor.

Lebih lanjut, Kabid Bimas Islam sekaligus Plt. Kabid PHU Kanwil Kemenag NTB ini berpesan kepada kepada seluruh yang hadir agar tetap menjaga semangat dan keikhlasan dalam melayani masyarakat. Beliau juga menceritakan sekelumit pengalaman beliau selama 13 tahun menjabat sebagai Kepala KUA, dan berhasil membawa KUA yang dipimpinnya menjadi KUA Percontohan peringkat 1 secara dua kali berturut-turut. Modalnya adalah kerja Ikhlas dan bersungguh-sungguh. Tidak ada yang mustahil meskipun dalam keterbatasan. Tutupnya.

Setelah acara pembukaan usai, agenda intipun dimulai. Tim penilai yang terdiri dari 9 orang mulai melakukan penilaian pada masing-masing kriteria yang dilombakan. Selanjutnya tinggal menunggu keputusan semoga yang terbaik nantinya memang layak jadi juara. (Humas)

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB