Berita

Peringatan Hari Pahlawan Ke-78: Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan

Jumat, 10 November 2023 08:40 WIB
  • Share this on:

Jumat, 10 November 2023 – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan pada 10 November 2023 di Lapangan Upacara Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat, pukul 07.30 WITA.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat juga menginstruksikan ke seluruh madrasah yang ada di wilayahnya untuk menyelenggarakan upacara. Tujuannya adalah untuk mendidik siswa-siswi madrasah untuk menanamkan rasa cinta tanah air, serta menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia.

Upacara Hari Pahlawan ke-78 kali ini mengusung tema, "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Dikutip dari amanat Menteri Sosial RI, dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2023. Penjelasannya menyebutkan bahwa tema tersebut merupakan renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Diketahui bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar, serta memiliki sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Generasi penerus diharapkan mampu mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia demi kejayaan bangsa dan negara.

Ancaman dan tantangan tersebut akan ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Meskipun tidak mudah, tapi pasti bisa, karena para pahlawan telah mengajarkan kepada kita nilai-nilai perjuangan.

Sebelum upacara Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat berakhir, doa bersama dipimpin oleh Penyuluh Agama Islam Kemenag KSB, Fathurahman. Doa tersebut memohon agar kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia senantiasa terwujud.

Selamat Hari Pahlawan tahun 2023! Mari kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB