Berita

Perbedaan adalah Keniscayaan, Plt. Kakankemenag KSB dalam FGD Pengembangan KMB

Rabu, 31 Juli 2024 09:59 WIB
  • Share this on:

Sumbawa Barat_Humas. Moderasi Beragama adalah salah satu program prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk eksekusi program itu adalah dengan ditunjuknya Kampung Modersi Beragama di tiap Kab/Kota diseluruh Indonesia.

Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat dalam kapasitasnya sebagai salah satu Unit Kerja di bawah Kanwil Kemenag Prov. NTB menunjuk Desa Tambak Sari dan Desa Air Suning Kec.  Poto Tano dari 63 desa yang ada di Kab. Sumbawa Barat sebagai Kampung Moderasi Beragama sesuai dengan instruksi dari pusat.

Hari ini Rabu, tanggal 31 Juli 2024, Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag KSB menggelar FGD (Focus Group Discussion) Pengembangan KMB (Kampung Moderasi Beragama) di Aula Kantor Desa Tambak Sari Kec. Poto Tano. Hadir dalam kegiatan itu Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat, H. Lalu Suhaili Fathanah; Kasi Bimas Islam, H. Udin Syafruddin; Sekcam Poto Tano, Rulhamzah; Kades Tambak Sari, Suhardi; Pokja KMB Kemenag Kab. Sumbawa Barat Faturrahman, dan Darto Wahab; Penyuluh Agama Hindu Kemenag KSB, Ni Kadek Purnanti, beserta seluruh Staff Seksi Bimas Islam Kankemenag KSB.

Pada agenda itu, Plt. Kankemenag KSB menyampaikan sambutan  sekaligus membuka acara FGD secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa Desa Tambak Sari dipilih sebagai Kampung Moderasi Beragama karena Kemajemukan Agamanya, suku dan sebagainya.

Lebih lanjut, H. Suhaili menyatakan bahwa perbedaan adalah sebuah keniscayaan dan harus disikapi dengan bijak. Ini merupakan salah satu tujuan dibentuknya Kampung Moderasi Beragama, yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang betapa indah sebuah perbedaan jika disikapi dengan cara yang tepat. Untuk itulah FGD ini dilaksanakan agar menambah pemahaman kita tetang moderasi beragama. Apalagi sekarang ini sedang mendekati pilkada, Edukasi Moderasi Beragama juga mengarah untuk menghadirkan rasa aman dan tenang dalam kondisi politik seperti sekarang ini.

Pada akhir kegiatan, Plt. Kankemenag kemudian membuka acara secara resmi dan ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Ketua MUI Kec. Poto Tano,  Ustadz Khairul Fadli. (Humas)

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB