Berita

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat dan Dinas Kesehatan Teken MoU Bersama untuk Penurunan Stunting

Rabu, 25 Oktober 2023 09:44 WIB
  • Share this on:

Taliwang, 25 Oktober 2023 - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik, hari ini menghadiri acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama dengan lintas sektor dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Sumbawa Barat. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat pada Rabu, 25 Oktober 2023, di Kantor Dinas Kesehatan KSB, dimulai pukul 09.00 WITA.

Dalam acara tersebut, H. Ahmad Taufik didampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam, H. Udin Syafruddin, bertemu langsung dengan Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Erna Idawati, untuk membahas kerja sama terkait upaya penurunan angka stunting di Sumbawa Barat. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menargetkan pada tahun 2024, angka stunting di wilayah tersebut turun di bawah 4%. Saat ini, angka stunting di Kabupaten Sumbawa Barat mencapai 7%, sehingga perlu adanya langkah konkret untuk mengurangi angka tersebut.

Dalam upaya penurunan angka stunting, pembinaan akan dimulai sejak usia remaja dan masa pranikah. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi harmonis keluarga guna mewujudkan kesehatan mental yang baik bagi calon ibu. Selain itu, penting untuk mempersiapkan gizi yang baik bagi anak, yang dimulai sejak anak masih berada dalam kandungan. Oleh karena itu, calon orang tua harus menjaga kondisi kesehatan mereka sejak masa remaja agar dapat memberikan perawatan yang optimal bagi anak di masa depan.

Dalam kerangka kerja sama ini, Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat akan fokus pada pembinaan calon pengantin, siswa Madrasah, dan santri pondok pesantren. Ketiga kelompok ini memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang sehat dan berkualitas di masa depan.

Setelah melakukan pembahasan yang intensif, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik, dan Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Erna Idawati, akhirnya menandatangani MoU/kerjasama yang telah disepakati. Kesepakatan ini menjadi langkah awal dalam upaya bersama untuk mengatasi masalah stunting di Kabupaten Sumbawa Barat dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB