Berita

Kemenag NTB Gelar Ziarah Makam dalam Peringatan Hari Pahlawan: Mengenang Jasa Pahlawan dan Menginspirasi Generasi Penerus Bangsa

Sabtu, 11 November 2023 12:19 WIB
  • Share this on:

Nusa Tenggara Barat - Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya, keluarga besar Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (Kemenag NTB) yang diinisiasi oleh Kakanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Aziz mengadakan acara ziarah makam Pahlawan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Acara ini diikuti oleh sekitar 22.000 orang atau jamaah yang datang dengan menggunakan 2.500 unit kendaraan, termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik juga turut partisipasi pada kegiatan ini. Ziarah makam dilakukan ke makam TGH. M. Saleh Hambali (Datok Bengkel - Lobar) dan makam TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (Datok Pancor - Lotim) pada Sabtu, 11 November 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut, Penjabat (PJ) Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariadi yang memberikan sambutan mengenai pentingnya mengunjungi makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan. Menurut beliau, ziarah makam ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga untuk mengingatkan generasi selanjutnya akan tugas yang harus mereka emban demi kemajuan bangsa.

PJ Gubernur NTB mengajak para generasi penerus bangsa untuk belajar dari perjuangan para pahlawan dan menerapkan nilai-nilai serta semangat kepahlawanan dalam kehidupan mereka. Salah satu cara menghormati jasa para pahlawan adalah dengan mewujudkan kemerdekaan di bidang pendidikan, kesejahteraan, dan persatuan bangsa. Ini merupakan refleksi dari Hari Pahlawan yang seharusnya tidak hanya dijadikan sebagai acara seremonial, tetapi juga sebagai momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk terus berkembang dan maju.

Melalui acara ziarah makam ini, Kemenag NTB berharap agar semangat perjuangan para pahlawan dan nilai-nilai luhur yang mereka perjuangkan dapat terus dijaga, dihargai, dan diwariskan kepada generasi selanjutnya untuk kemajuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB