Berita

Kemenag KSB Selenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan (Taliwang, Brang Ene, Brang Rea, Seteluk, dan Pototano)

Kamis, 18 April 2024 09:42 WIB
  • Share this on:

Taliwang, Sumbawa Barat (18 April 2024) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan untuk Kecamatan Taliwang, Brang Ene, Brang Rea, Seteluk, dan Pototano. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Ar-Rahman Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang selama 8 hari, mulai dari Kamis, 18 April 2024 sampai dengan Kamis, 25 April 2024.

Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan ini diikuti oleh 61 Calon Jamaah Haji (CJH) dengan rincian:

* 34 CJH dari Kecamatan Taliwang

* 7 CJH dari Kecamatan Brang Ene

* 6 CJH dari Kecamatan Brang Rea

* 1 CJH dari Kecamatan Pototano

* 13 CJH dari Kecamatan Seteluk

Dalam pembukaan kegiatan, Plt. Kepala Kantor Kemenag KSB, H. Lalu Suhaili Fathanah, menyampaikan pesan kepada para CJH untuk fokuskan niat dalam melaksanakan Ibadah Haji. Beliau menekankan bahwa Ibadah Haji merupakan puncak dari amalan umat Islam dan merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi yang mampu.

Plt. Kakan Kemenag KSB juga mengingatkan para CJH untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik secara fisik maupun mental. Beliau berharap dengan mengikuti Bimbingan Manasik Haji ini, para CJH dapat memahami tata cara pelaksanaan Ibadah Haji dengan benar dan dapat melaksanakannya dengan lancar dan khusyuk.

Seusai membuka kegiatan, Plt. Kakan Kemenag KSB menyampaikan materi dengan tema "Hak dan Kewajiban Jamaah Haji". Dalam materinya, beliau menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh para CJH selama melaksanakan Ibadah Haji.

Bimbingan Manasik Haji ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pelayanan yang diberikan Kemenag KSB kepada para CJH. Diharapkan dengan kegiatan ini, para CJH dapat melaksanakan Ibadah Haji dengan lancar, aman, dan mabrur.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB