Berita

Kemenag KSB Menggelar kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS)

Rabu, 8 Maret 2023 09:28 WIB
  • Share this on:

Taliwang, 8 Maret 2023 - Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) Tahap 1 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023.

Kegiatan BRUS Tahap 1 ini dilaksanakan di MAN 1 Sumbawa Barat pada pukul 09.00 Waktu Indonesia Tengah. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan sekaligus laporan ketua Panitia, Asaduddin yang juga sebagai Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag KSB menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini Untuk menciptakan generasi muda yang Qurani serta generasi yang berkualitas dan juga mencegah terjadinya pernikahan dini di usia sekolah. "Dari kegiatan ini, kami harapkan dapat menciptakan Generasi muda yang Qurani serta dari kegiatan ini kami berharap Anak-anak kita ini mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terkait bahayanya pernikahan dini." Ungkap Kasi Bimas Islam Kemenag KSB tersebut. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi Generasi Qurani harus Selalu menjadikan Alquran sebagai pedoman dan sumber rujukan utama dalam kehidupannya dan Senantiasa belajar Alquran dan berusaha mengamalkannya. "generasi Qurani harus menjadikan Al Quran sebagai pembimbing akal pikirannya. Mereka yang senantiasa ingat kepada Allah akalnya akan dibimbing Allah kepada kebaikan." ungkap Kakankemenag KSB. 

Terkait pencegahan terjadinya pernikahan dini di usia Sekolah, beliau menyampaikan "Rumah tangga itu sama dengan masakan, ada yang manis, asam dan asin. Dan yang disukai manusia itu bermacam-macam, tapi semua itu harus dicampurkan hingga bisa disukai bersama. Maksudnya kita dalam persiapkan diri dalam Pernikahan harus saling menyesuaikan diri satu sama yang lain, dan itu bukan hal mudah, perlu mental yang kuat dan Pribadi yang Qurani untuk mencapai hal tersebut." Ungkap Kakankemenag KSB. 

Diakhir kata beliau berpesan kepada para peserta untuk "ikuti secara seksama kegiatan ini agar kalian bisa memahami bagaimana nanti kehidupan berumah tangga, bagaimana mempersiapkan diri untuk berkeluarga." Ungkapnya sekaligus membuka kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS). 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi yang dibawakan oleh Penyuluh Agama Islam Kemenag KSB, Fathurahman, S.Sos.I. dan selanjutnya dilanjutkan juga dengan sesi materi yang disampaikan oleh Kepala KUA Kec. Taliwang, Muslim, S. Ag. 

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB