Berita

Kabupaten Sumbawa Barat Siapkan Lebih dari 100 Relawan Moderasi Beragama untuk Pengukuhan Relawan Moderasi Beragama

Kamis, 21 Desember 2023 10:29 WIB
  • Share this on:

Sumbawa Barat, 21 Desember 2023 - Kabupaten Sumbawa Barat menyiapkan lebih dari 100 relawan moderasi beragama untuk mengikuti pengukuhan relawan moderasi beragama yang akan dilaksanakan pada Selasa, 26 Desember 2023 di Lapangan Umum Sangkareang Kota Mataram.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik, saat mengikuti rapat persiapan pengukuhan relawan moderasi beragama secara daring pada Kamis, 21 Desember 2023.

"Kabupaten Sumbawa Barat siap untuk mengikuti kegiatan pengukuhan relawan moderasi beragama ini. Lebih dari 100 relawan moderasi dari Kabupaten Sumbawa Barat akan berangkat ke Kota Mataram pada Senin, 25 Desember 2023 sore hari," kata Taufik.

Taufik mengatakan, para relawan moderasi dari Kabupaten Sumbawa Barat akan menginap di Asrama Haji Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selama mengikuti kegiatan pengukuhan.

"Kami berharap kegiatan pengukuhan relawan moderasi beragama ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," kata Taufik.

Kegiatan pengukuhan relawan moderasi beragama ini akan dihadiri oleh ribuan relawan moderasi dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi NTB. Relawan moderasi tersebut akan dikukuhkan langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Pengukuhan relawan moderasi beragama ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Moderasi beragama merupakan sikap tengah-tengah dalam beragama, yang tidak ekstrem ke kiri maupun ke kanan.

Dalam rapat persiapan tersebut, dibahas mengenai berbagai hal teknis terkait pelaksanaan pengukuhan, seperti akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Panitia juga menyampaikan bahwa para relawan moderasi beragama harus sudah tiba di lokasi acara pada Selasa, 26 Desember 2023 tepat pukul 07.00 Wita sudah berbaris sesuai Kab/Kota masing-masing.

Rapat persiapan pengukuhan relawan moderasi beragama ini dipimpin oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Fathurrahman.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB