Berita

Buka MATSAMA MAN 1 Sumbawa Barat, Kakankemenag KSB : "Guru Harus Benar-benar Memahami Muridnya"

Senin, 17 Juli 2023 09:25 WIB
  • Share this on:

Taliwang, 17 Juli 2023 - Upacara Penghormatan Bendera dan Doa Bersama serta Pembukaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MAN 1 Sumbawa Barat dilaksanakan dengan khidmat. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, H. Ahmad Taufik bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, beliau memaparkan tujuan dari upacara ini.

"Ini adalah upacara penghormatan bendera dan doa bersama, sekaligus juga sebagai pembukaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah di MAN 1 Sumbawa Barat. Acara ini kami selenggarakan untuk menjaga silaturahmi kita di Kementerian Agama. Selamat datang para peserta didik baru, kita berharap agar dalam MATSAMA ini kita dapat saling mengenali, menghormati, dan merangkul satu sama lainnya. Semoga dengan terjalinnya hubungan yang baik antara guru dan murid, serta antar sesama peserta didik, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif," ujar H. Ahmad Taufik.

Pada Upacara ini dihadiri oleh seluruh karyawan/ti Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, serta peserta didik baru, guru, dan staf MAN 1 KSB turut serta dalam kegiatan ini. Peserta didik baru yang hadir tampak bersemangat dan penuh harapan untuk memulai perjalanan yang baru. Sementara itu, guru dan staf madrasah siap memberikan bimbingan, pendampingan, dan dukungan agar peserta didik baru bisa terintegrasikan dengan baik dalam lingkungan madrasah.

H. Ahmad Taufik juga mengingatkan para guru untuk benar-benar memahami muridnya agar bisa memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien. "Saling mengenal dan memahami merupakan langkah awal untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dan murid. Dalam belajar, setiap individu memiliki keunikannya sendiri. Oleh karena itu, penting bagi para guru untuk dapat memahami dan menghargai perbedaan-perbedaan tersebut. Dengan demikian, peserta didik akan merasa nyaman dan termotivasi dalam belajar," katanya.

Pada MATSAMA ini, seluruh peserta didik baru akan mengikuti serangkaian kegiatan, termasuk kegiatan sosialisasi. Dalam proses ini, guru dan staf madrasah akan terus memberikan bimbingan dan pendampingan agar peserta didik baru dapat mengenal dengan baik lingkungan madrasah dan rekan-rekan sekelasnya.

Diharapkan dengan adanya MATSAMA ini, peserta didik baru akan lebih mudah beradaptasi dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan guru dan teman-teman sekelasnya. Hal ini akan memberikan dampak positif pada proses belajar dan pengembangan diri peserta didik.

Semoga MATSAMA di MAN 1 Sumbawa Barat ini dapat menjadi awal yang baik bagi semua peserta didik baru. Dengan saling menghormati, memahami, dan bekerja sama, diharapkan madrasah dapat menjadi wadah yang membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan berkualitas.

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB